Rss

Rabu, 12 Februari 2014

"BECAUSE FRIENDSHIP IS NUMBER ONE"

Saat itu hari minggu yang sangat cerah, Sonya dan Jeje seperti biasa pergi ke gereja, tapi tidak untuk Mova karena mova berbeda keyakinan dengan Sonya dan Jeje.

        Setelah pulang dari gerej, Sonya dan Jeje bergegas ke salah satu restaurant langganan nya dan tak di sangka Mova membawa kerabat nya dari yogyakarta, Pria itu bernama Tian. Niat Mova saat itu ingin mencomblangkan sonya dan tia. Seiring berjalan nya waktu hubungan Sonya dan Tian semakin dekat.. 1 bulan kemudian Sonya memberi tahu pada sahabat sahabatnya di restaurant biasa. "Hi girls, tebak berita apa yang aku bawa?" sahut sonya sambil tersenyum, "Emangnya ada apa sih sampe segitunya?" jawab Mova yang penasaran, "Aku udah jadian lho sama Tian" sahut sonya yang masih berdiri di antara Jeje dan Mova. "Ciee selamat ya!" sahut Mova yang merasa senang, namun tidak dengan raut muka Jeje, "kamu kenapa je? sakit ya?" Tanya Sonya pada jeje. "Ah engga kok, sotau banget deh! yaudah aku balik duluan ya mau beres beres kossan" ucap jeje sambil membawa tas nya lalu beranjak pergi dengan raut wajah yang kesal. "Kenapa tuh si jeje tiba tiba pulang?" tanya sonya yang heran melihat tingkah jeje yang berbeda.
        "Gini ci, (cici sapaan akrab pada sonya) sebenernya jeje pernah cerita sama aku kalo dia ada feeling sama sama tian, tapi tian nya malah deket sama kamu ci" jelas Mova pada Sonya. Lalu Sonya pun merasa bersalah dan bingung atas sikap yang harus dia ambil. "Yah aku jadi gak enak nih sama Jeje, terus aku harus gimana nih? masa ia harus putus?"
       Keesokan harinya Mova dan Sonya kembali ke kampus, tapi tidak untuk jeje. Setelah jam mata kulah selesai, Mova dan Sonya mencari Jeje di area kampus. "Kayanya Jeje hari ini gak ngampus deh ci" ungkap Mova yang berbicara pada Sonya. "Ia deh kayanya dia hari ini gak kampus, gimana kalo kita ke kossan nya?" ajak Sonya pada Mova.
        Setibanya di kossan Jeje, Sonya da Mova tidak berhasil bertemu dengan Jeje. "jeje nya dari tadi subuh katanya mau pulang ke bandung, dia bawa koper dan ransel besar" ujar ibu koss ketika berbicara pada Mova dan Sonya.

            Selasa,Rabu,Kamis,dan Jumat pun berlalu, jeje pun sudah bolos kulah hampir satu minggu....

        "Ci aku jadi khawatir sama jeje, dia udah hampir seminggu bolos kuliah, gimana kalo kita susulin ke bandung?" ajak mova pada sonya, "ya udah ntar pulang dari kampus kita balik dulu ke rumah, sekalian aku minta izin dulu sama nyokop" jawab sonya.
         Saat di perjalanan menuju bandung, Sonya sangat gelisah, jadi mova memutuskan untukmengemudikan mobil Sonya. "Aku aja deh ci yang nyetir kamu kayanya lagi geisah banget" ujar Mova. "Aku gak enak sama Jeje nih, apa karena aku jadian sama tian ya jadi jeje kaya gini?" tanya Sonya ke mova. "Ah kamu ada ada aja, positive thinking aja deh siapa tau dia balik ke bandung karena duit nya abis hehhe" canda Mova pada Sonya.
         Setibanya di rumah Jeje, Sonya dan Mova terheran heran saat sonya mengetuk pintu, maminya jeje membukakan pintu dan tiba tiba memeluk Sonya dan Mova sambil menangis. "Ada apa tante? tante kok nangis jejenya ada?" tanya sonya sambil membalas pelukan maminya jeje. Tanpa mengeluarkan kata kata, maminya jeje langsung menuntun Mova dan Sonya ke kamar Jeje sambil menghapus air matanya. Ketika pintu kamar jeje di buka kan kemudian Mova dan Sonya melihat orang berkulait hitam, memakai piama dan tutup kepala duduk di kursi roda di balkon kamar jeje sambil menghadap keluar.
          Sonya dan Mova pun melangkah semakin mendekat pada orang itu, tapi tidak dengan maminya jej, maminya jeje memilih untuk diam di depan pintu kamar jeje sambil menahan isak tangis nya. Saat sonya mendekati Orang itu dia mendengar orang itu menyanyikan lagu dari Ten2Five - I will fly, saat diamati oleh mereka berdua, orang itu bernyanyi sambil menangis. Saat itu mova menepuk pundak kanan orang itu, orang itu pun menoleh ke arah Mova, "Kalian apa kabar?" rupanya orang itu adalah Jeje, mukanya tak lagi bersih seperti sebelumnya malah cenderung berjerawat badanya pun sangat kurus bahkan rambutnya pun kian jarang karena rontok.
         "Ini kamu je?! kamu kenapa? apa yang terjadi sama kamu?" tanya Mova sambil menangis dan memeluk erat jeje. "Ga ada apa apa kok, cuma masuk angin biasa hehe" sahut Jeje yang suaranya kian mengecil. Saat tu sonya masih berdiri di sebelah kiri Jeje, dia tidak bisa berkata apa apa melihat sahabatnya duduk di kursi roda dengan keadaan yang telah berbeda. "Ci kamu apa kabar? gimana hubungannya sama Tian?" tanya Jeje pada Sonya yang masih berdiri sambil menangis. Tanpa berbicara Sonya pun memeluk jeje dan menumpahkan tangisnya pada Jeje. "Kamu kenapa? kok kamu gak cerita sama kita?" Tanya sonya pada jeje. "Kan aku udah bilang, aku cuma masuk angin biasa hhehe" jawab jeje sambil tersenyum pada sonya. Lalu maminya jeje mendatangimereka bertiga "Udah dulu ya, sekarang Jejenya harus tidur tuh lait matanya udah merah". Lalu sonya dan mova pun keluar dari kamar jeje, Mova dan Sonya pun duduk di ruang tamu sambil menangis dan bingung apa yang terjadi pada sahabatnya itu. Mereka pun semakin gelisah menunggu maminya Jeje keluar dari kamar Jeje.

         Maminya Jeje pun keluar dari kamar lulu menuju ruang tamu yang dari tadi Mova dan Sonya sudah menunggu.

         "Tante, sebenernya apa yang terjadi sama jeje?" tanya Mova yang penasaran apa yang menimpa sahabatnya itu. "Jeje emang dari dua bulan yang lalu dia suka nelpon tante di jakarta katanya sakit kepala, pas ada waktu dia ke bandung tante ajak jeje periksa ke doktertentang sakit kepalanya itu. pas udah periksa ke dokter dokter nanya udah berapa lama sakit kepalanya?, tante tanya lagi ke dokter jeje itu sakit apa? lalu dokter nyuruh jeje keluar dulu, karena jeje mau bicara empat mata sama tante. "Anak ibu menderita tumor di otaknya tumornya sudah lumayan besar, udah mencapai stadium tiga kalo jeje sering kecapean kepalanya pasti bakal pusing dan mimisan" waktu itu dokter udah kasih obat buat jeje tapi sama jeje gak di minum, sampe seminggu yang lalu jeje pulang sambil ngeluh kepalanya semakin sakit. Jeje juga nanyain dia itu sakit apa, tapi tante gak berani jawab lalu tante ajak jeje berobat lagi, lalu kata dokter jeje udah semakin parah dia udah masuk stadium empat, waktu di kasih tau jeje kaget dan patah semangat. Dokterpun memprediksikan usia jeje gak lebih dari satu blan lagi" ujar maminya Jeje saat menjelaskan penyakit jeje pada Sonya dan Mova.
         Sudah seminggu ini jeje rutin meminum obat dari dokter, tapi kondisinya kian menurun akibat dosis obat yang sangat keras rambutnya yang indah pun sedikit demi sedikit rontok, badanya pun semakin kurus dan kulitnya pun semakin hitam karena pengaruh konsumsi obat tersebut, fisiknya pun semakin melemah bahkan untuk berdiri pun sudah tidak bisa.
         Saat mendengar cerita itu, Sonya dan Mova kembali menangis. Betapa sedihnya mereka mendapati sahabat nya hanya bisa hidup dalam hirungan hari.
         "Mii, mamii!!" sahut jeje yang memanggil orang tua nya, maminya jeje pun menghampiri jeje dan diikuti oleh sonya dan mova. "Mami, aku mau kejakarta lagi yah, aku jamji obatnya aku minum lagian aku udah lama gak jalan sama temen temen". Maminya pun ragu untuk memberi izin "Tapi ada satu syarat kamu tinggal di jakarta harus di rumah Mova atau Sonya, kamu ga boleh kecapean dan jangan lupa minum obat!" ujar maminya jeje.
         Setelah berkemas, Sonya dan Mova beserta Jeje berangkat ke jakarta dan akhirnya Jeje memilih untuk menginap di rumah sonya.
         Keesokan harinya, Jeje beserta keluarga Sonya pergi ke gereja, tiba di gereja Sonya,Jeje dan keluarganya bertemu dengan Tian. Sonya melihat jeje yang sedang menatap kagum pada tian yang tidak lain adalah pacar Sonya."Tian jam 3 aku tunggu di cafe biasa" bisik sonya pada Tian.
         Jam sudah menunjukan pukul 15.00, saat mereka bertemu sonya langsung to the point pada tian. "Tian kamu mau nolongin aku gak?" tanya sonya pada tian. "Nolongin apa sayang?" jawab tian penasaran. "Kita putus aja, aku pengen sekarang kamu temenin jeje, jeje itu suka sama kamu sekarang dia lagi sakit sakitan kamu mau kan lakuin itu demi aku?" ungkap sonya yang mata nya mulai berkaca kaca. Karena Tian pun prihatin melihat keadaan Jeje dan kasihan melihat sonya yang menangis, akhirnya Tian pun setuju walau awalnya Tian masih enggan.
         Beberapa hari kemudian, Sonya mendapati berita bahwa jeje dan tian sudah jadian, perasaan sonya pun campur aduk antara bahagia karena jeje dan tian sudah jadian, tapi di sisi lain ia juga merasa patah hati. Bagaimanapun sonya masih merasa mencintai Tian. Tapi dia pun membuang jauh rasa sakit hatinya karena dia berprinsip "BECAUSE FRIENDSHIP IS NUMBER ONE ".
         Menjelang akhir pekan, jeje mengajak kedua sahabatnya untuk mengisi liburan di daerah puncak. "Girls sabtu ini aku sama Tian mau ke puncak, ikut yah! yah!!" ajak Jeje pada Sonya dan Mova, lalu sonya dan mova menyetujui ajakan Jeje.
         Sabtu pagi mereka berempat berangkat ke puncak dengan mobil Tian. Jeje duduk di depan, dengan wajah yang pucat badannya pun kian kurus dan rambutnya pun makin menipis. Namun Jeje masih bisa menebarkan senyuman, seolah tak terjadi  apa apa, mata Sonya dan Mova pun mulai berkaca kaca melihat semangat jeje. Mereka teu jeje sedang menanggung beban penyakit yang ganas tapi jeje masih bisa menebar senyuman.
         Setibanya di puncak, mereka hanya makan siang dan berfoto foto sejenak, nampak jeje tak pernah mengelus atas keadaan nya yang sekarang yang ada hanya senyum dan tawa. Setelah itu mereka bergegas untuk kembali pulang karena hari mulai gelap nampaknya akan turun hujan. Mereka takut jeje kedinginan dan jatuh sakit.
        Saat di jalan jeje mengajak sonya untuk ke gereja bersama besok "ci besok ke gereja kan?? kita bareng ya! ". Sonya pun ragu apa jeje kuat untuk pergi ke gereja. Lalu sonya pun meng ia kan ajakan jeje itu walaupun Sonya masih ragu.
        Minggu pagi pun tiba, wajah Jeje berbeda dari biasanya walau wajahnya sekarang hitam. Hari itu jeje sangat antusias  ingin ke gereja. Saat di dalam gereja jeje uduk di kursi roda tepatnya di sebelah sonya. Kondisi jeje mulai melemah pagi tadi dia tak mau minum obat. Saat itu jeje sering sekali menguap "ci, aku ngantuk nih ucap jeje pada sonya, yaudah kamu diem aja, tapi jangan sampe ketiduran ya kalo tidur aku tinggalin aja nih di gereja hhehee" bisik sonya pada jeje.
        Saat di gereja, Sonya pun tak terlalu memperhatikan Jeje. Saat itu sepertinya jeje tertidur di kursi roda nya saat orang orang pad bubar sonya pun lekas membangunkan jeje. Namun jeje pun tak kunjung bangun, saat sonya memegang wajah jeje terdapat darah yang keluar dari hidung nya, saat sonya memegang denyut nadi jeje pun tak nampak ada denyutan jantungnya pun tak berdetak.
        Jeje pun telah pergi dengan senyuman di wajahnya. Sonya lalu memeluk erat Jeje sambil menangis, "Paling tidak aku aku udah ngasih yang terbaik buat kamu je", Ungkap Sonya.


0 komentar:

Posting Komentar